CAFFE D’ORZO, KOPI YANG BUKAN KOPI

Pernah dengan minuman yang hampir mirip kopi (atau espresso) yang ternyata sama sekali tak ada kandungan kopi dan kafeinnya? Salah satu minuman yang ‘begitu’ ditemukan di Italia.

ADALAH caffe d`orzo, minuman yang asli berasal dari Italia ini telah menjadi minuman alternatif bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi kopi yang berkafein atau mereka yang tidak menyukai rasa kopi. Meskipun disebut dengan caffee, caffe d`orzo tidak ada kopinya sama sekali. Lalu apa kandungan minuman ini sebenarnya?

Caffee d`orzo adalah minuman yang terbuat dari tanaman barley yaitu tanaman yang masih termasuk ke dalam keluarga padi-padian. Barley ini kemudian digiling dan disajikan menjadi kopi hitam atau espresso. Tak hanya bisa diseduh manual, caffe d`orzo juga bisa diracik melalui coffee maker atau mesin espresso semi manual dan otomatis.



Barley yang juga berupa biji-bijian ini harus disangrai terlebih dahulu sebelum disulap menjadi bubuk barley (ya mirip-mirip bubuk kopi). Seperti coffee roaster, ternyata di Italia dan di negara-negara Mediterania lainnya ada barley roasters juga. Mereka inilah yang menjadi titik kunci kenikmatan barley sebelum diseduh.

Selain Italia, Spanyol juga termasuk negara yang menjadikan caffee d`orzo minuman tradisional yang sudah dikonsumsi turun-temurun. Mereka percaya bahwa barley mampu memberi kebaikan bagi tubuh yang mengonsumsinya. Selain itu, katanya rasanya juga enak dan bisa menjadi alternatif untuk mereka yang tak bisa minum kopi.



Selain caffe d`orzo, ternyata ada juga barley yang dijadikan teh. Jadi diseduh layaknya teh dan dinikmati dengan cara yang sama seperti versi kopinya. Di Amerika Latin barley coffee ini disebut juga dengan café de cebada. Bahkan di Amerika Latin coffee barley ini juga diproduksi dalam bentuk instan untuk memudahkan para peminumnya menyajikan minuman yang satu ini.

Jika kamu mampir ke Italia dan negara-negara peminum caffe d`orzo, kamu bisa mencobanya di berbagai kedai kopi atau vending machine yang bertebaran di banyak tempat. Ya, mana tahu caffe d`orzo bisa menjadi minuman alternatif di saat kamu sedang jenuh dengan si kopi yang selalu kita nikmati ini.

PS: Bialetti D’Orzo adalah moka pot khusus untuk barley coffee

majalah.ottencoffee.co.id