Manfaat Baking Soda Pada Kopimu

Kopi dan gula? Sudah biasa. Kopi dan susu? Memang sudah sewajarnya. Lalu apa jadinya jika secangkir kopi dicampur baking soda? Simak manfaatnya!

Baking soda biasanya digunakan untuk membuat kue dan terkadang juga ampuh membersihkan beragam jenis alat dan benda. Tapi baru-baru ini, baking soda menghebohkan para penikmat kopi karena digadang-gadang memberi manfaat bagi yang meminumnya. Manfaat apa yang dibawa oleh baking soda ini?

Ceritanya bermula dari kopi yang memang diketahui mengandung asam atau acidity. Tak peduli jenis, varietas, roast level dan lain sebagainya, kopi adalah kopi dan tetap mengandung acidity yang memang bawaan dari sananya. Tapi ternyata ada beberapa orang yang tidak bisa `terkena` acidity ini. Beberapa orang pencernannya terlalu sensitif menerima acid yang dibawa oleh kopi padahal mereka gemar menikmati kopi.

Kehadiran baking soda memecahkan permasalahan acidity dan sensitivitas perut peminum kopi. Mencampurkan sejumput baking soda ke dalam kopimu ternyata mampu menetralisir acidity yang ada di dalam kopi tersebut. Penelitian di Jerman mengatakan bahwa baking soda adalah alkalin yang jika dicampur ke dalam kopi akan mengurai acidity pada kopi sehingga menetralisir jumlah asam acid yang ada di dalam kopi tersebut. Sehingga tentu saja aman bagi mereka yang perutnya sensitif terhadap acid pada kopi.

Lalu apakah akan memengaruhi rasanya? Well, pengaruh berubahnya rasa pada kopi pasti ada tapi karena hanya menggunakan sejumpu baking soda saja maka perbedaan rasa seduhan kopi tidak terlalu signifikan. Dan penemuan baking soda yang pH-nya mampu menurunkan pH pada kopi ini ternyata menjadi angin segar bagi siapa saja yang ingin menikmati kopi tapi khawatir terserang sakit perut yang berkepanjangan.

Jadi jika ada teman, sahabat, kerabat, kekasih atau siapapun yang biasanya enggan dan menolak minum kopi karena takut sakit perut, mulai sekarang kamu bisa memberikan penawarnya. Cukup masukkan sedikit baking soda saja maka segala masalah hilang sudah dan menikmati kopi kini bisa berlanjut tanpa kekhawatiran. Selamat mencoba! 

majalah.ottencoffee.co.id