Benarkah Minum Kopi Bisa Mengurangi Rasa Nyeri

Beberapa peminum kopi aktif mengaku bahwa kopi tak hanya mampu memberikan efek bahagia. Tetapi juga dikonsumsi untuk mengatasi beragam rasa nyeri. Benarkah efek kafein sebegitu ajaibnya?

Percaya atau tidak kopi yang mengandung kafein memang mampu mengurangi rasa nyeri yang dialami peminumnya. Saya sendiri telah membuktikannya berkali-kali. Jika sedang menstruasi yang tiba bersama rasa nyeri, biasanya saya dan beberapa teman peminum kopi lainnya cepat-cepat menyeduh kopi. Dan bukan hanya sekedar sugesti, nyeri berkurang di menit-menit berikutnya. Kopi sebagai pereda rasa nyeri sudah diteliti oleh banyak peneliti dan bisa dijelaskan secara medis. Bukan rahasia juga jika di dalam obat penghilang rasa sakit terdapat kandungan kafein yang membantu mengurangi rasa nyeri tersebut.

Lalu apa yang sebenarnya dilakukan kafein pada tubuh kita sehingga bisa mengurangi rasa nyeri?

  • Kafein ternyata mampu menghambat kerja adenosin. Kafein mampu mengganggu fungsi neorotransmitter yang bekerja membawa sinyal-sinyal nyeri dari tubuh tertentu ke otak manusia. Misalnya, kafein mencegah adenosin mengakhiri kerja sistem saraf dan menghambat kemampuannya dalam menimbulkan rasa nyeri.
  • Kafein juga mampu mengaktifkan jalur noradrenegerik (adrenalin) pusat dan menekan nyeri endogen. Sehingga menstimulasi mekanisme penurunan intensitas nyeri dalam tubuh.
  • Kafein juga mampu menstimulasi saraf pusat. Efeknya stimulan kafein mengubah jalannya proses sinyal nyeri dengan mekanisme yang meredakan rasa nyeri pada tubuh manusia.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan kenapa minum kopi memang mampu meredakan beragam rasa nyeri yang kamu rasakan. Biasanya peminum kopi akan lebih memilih minum kopi saat mengalami sakit tertentu daripada mengonsunsi obat-obatan. Karena di dalam obat ada kafein lantas kenapa tidak langsung meminum kopi yang jelas sudah ada kafeinnya?

Biasanya penyakit yang sering diredakan nyerinya oleh kafein meliputi nyeri pada menstruasi, migrain dan sakit kepala ringan lainnya, nyeri otot karena olahraga, dan beragam jenis rasa sakit ringan yang kerap menyerang manusia. Jadi jangan pernah ragu minum kopi agar segala nyeri dan sakit bisa berkurang ya. Selamat menikmati kopi!

majalah.ottencoffee.co.id