Asal Mula Coffee Bar

Istilah coffee bar di zaman sekarang mungkin adalah bar di kedai kopi tempat barista beraksi meracik kopi. Sedang coffee bar pada awal mula memiliki pengertian yang ternyata berbeda.

Kita mungkin begitu familiar dengan term `coffee bar` yang dalam benak kita adalah ruang tempat barista bekerja bersama serangkaian alat kopinya. Di coffee bar biasanya disedikan beberapa kursi untuk mereka yang gemar ngopi di situ. Tapi tahukah kamu bahwa pengertian coffee bar ternyata awalnya merujuk kepada sebuah tempat ngopi. Semacam coffee shop atau coffee house.

Coffee bar awalnya diperkenalkan oleh mereka yang berasal dari Italia. Coffee bar adalah sebuah jenis tempat ngopi yang dibuat seperti bar. Coffee bar awalnya hanya menyajikan minuman yang disajikan cepat semacam espresso yang biasa dinikmati dalam sekali teguk. Juga coffee bar seringnya tidak menyediakan kursi. Pengunjung yang datang mengantri di kasir lalu menunggu pesanan espresso shots mereka.



Setelah itu mereka langsung meneguk minumannya dan pergi begitu saja. Tak ada yang namanya duduk ngopi berlama-lama. Coffee bar dibuat untuk ritual ngopi secepat kilat. Di Italia pada masa itu (dan mungkin juga sekarang), ngopi adalah kebutuhan raga bukan ajang nongkrong bersosialisasi dan lainnya.

Kini makna coffee bar bergeser menjadi kedai kopi. Hal ini diusung oleh kedai kopi yang berada di luar Italia. Pada masa itu, negara lain di seputaran Eropa mulai mendekorasi kedai kopinya dengan senyaman mungkin. Coffee bar tak lagi perkara `ngopi secepat kilat` tapi bergeser maknanya menjadi ngopi dan bersantai sembari bersosialisasi. Sama seperti bar, coffee bar memiliki fungsi yang kurang lebih sama hanya saja menyajikan minuman kopi. Dan inilah yang diadaptasi oleh hampir semua kedai kopi di dunia, termasuk Indonesia.

Intinya, coffee bar awalnya adalah espresso bar yang hanya menyediakan espresso saja. Coffee bar tidak melibatkan kenyamanan pengujungnya tapi hanya menekankan rasa espresso dan bagaimana secepat mungkin bisa melayani para pengopi kala itu. Kalau di Indonesia coffee bar jenis begini ada tidak ya? 

majalah.ottencoffee.co.id