Di Usia Berapa Anak Bisa Konsumsi Kopi?

Bukan hal biasa lagi jika anak-anak juga suka minum kopi, bahkan tidak sedikit orang tua sebagai penikmat kopi, mengenalkan minuman kopi ini pada anak-anak mereka. Padahal anak memiliki batasan untuk mengkonsumsi minuman kopi.

Seperti menjadi sebuah kebiasaan bahwa minum kopi menghilangkan rasa kantuk, benarkah? Tapi sebenarnya tidak demikian, konsumsi kopi tidak selalu hanya sekadar menghilangkan rasa kantuk. Pada kesehatan tubuh seseorang, kopi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan penikmatnya, terlebih lagi kopi dapat mencegah penyakit alzheimer-penurunan kemampuan saraf yang sering menyerang umur lanjut usia. Bahkan banyak penelitian mengungkapkan bahwa kopi juga membuat penikmatnya awet muda, panjang umur, dan banyak manfaat lainnya.



Di usia dewasa manfaat kopi bagi kesehatan memanglah banyak, namun pada kadar yang berlebihan kopi juga menyebabkan efek samping yang tidak nyaman. Batasan berapa cangkir kopi maksimal per hari tiap orang berbeda, tapi kita bisa mengetahuinya jika dalam jumlah cangkir tertentu kita minum dalam satu hari efek samping ini mulai muncul. Migraine, insomnia, gelisah, masalah pencernaan, dan sering buang air kecil serta susah mengontrol buang air kecil. Jika kamu mengalami salah satu efek samping itu, maknanya itulah jumlah cangkir batasan kamu minum kopi per hari.

Jika bagi usia dewasa saja memiliki batasan dalam mengkonsumsi kopi, begitu juga untuk usia anak-anak yang ingin mengkonsumsi minuman kopi pastinya memiliki batasan. Nah berapakah batasan minuman kopi untuk usia anak.

Batasan Kafein untuk Usia Anak

Jenis kopi robusta dan arabika sudah pasti memiliki perbedaan, arabika yang memiliki karakter rasa yang lebih kompleks dibandingkan jenis robusta, terlebih lagi pada jenis robusta kadar kandungan kafein lebih banyak daripada jenis arabika pada jumlah gramasi yang sama. Umumnya untuk sajian kopi susu menggunakan jenis kopi robusta yang memiliki karakter rasa yang agak pahit namun jika dipadukan dengan susu menjadi rasa yang istimewa dan banyak penggemarnya. Sajian kopi susu dingin inilah yang banyak diminati anak-anak, walaupun ada juga anak-anak yang menyukai kopi hitam yang diseduh. Sekitar 95mg kafein yang terkandung dalam sajian secangkir kopi 220gram. Dari sini kita bisa menentukan berapa banyak batasan anak untuk minum kopi.



Kami sadur dari beberapa artikel, di Kanada para ahli kesehatan merekomendasikan bahwa usia anak 4 sampai 6 tahun tidak lebih 45mg, usia 7 sampai 9 tahun tidak lebih 62,5 mg, usia 10 sampai 12 tahun tidak lebih 85 mg, dan untuk usia remaja dilihat dari berat badan; 2,5mg per kg berat badan.

Kebiasan yang berkembang pada orang tua juga sebagai penikmat kopi terkadang tidak terlalu memperhatikan batasan usia anak ketika memperkenalkannya dengan minuman kopi. Apakah kamu punya pengalaman ketika memperkenalkan kopi pada anak-anak? 

majalah.ottencoffee.co.id